Selasa, 30 Desember 2014

MEMILIH UKURANLEBAR BAN YANG SAFE UNTUK MIO J

Untuk mencari ukuran lebar ban yang safe untuk Mio J perlu mengukur jarak antara garis tengah roda dengan part terdekat di samping ban. Garis tengah roda adalah garis tegak lurus imajiner yang menghubungkan tengah punggung ban dengan titik tengah as. Garis ini menjadi titik pangkal untuk mengukur jarak aman ke part di kiri dan kanannya yang memberi gerak bebas pinggiran ban.

Gerak bebas pinggiran ban depan Mio J berhubungan pula dengan gerak turun-naiknya shock. Karena gerakan shock akan dikuti gerak naik turun ban. Oleh karenanya, gerak bebas pinggiran ban akan dibatasi dua buah tabung shok breaker di bagian bawah, dan bendulan tabung shock serta bagian spatbor yang melingkupi tabung shock di bagian atas. Tentu saja bisa menyentuh atau tidaknya part bagian atas ini sangat tergantung pada diameter roda depan yang merupakan penjumlahan diameter veleg plus ketinggian ban.

Setelah diukur (mungkin ada resiko kesalahan parallax), jarak antara garis tengah roda depan dengan :
1.   tabung shock depan                                             =  5,4 mm
2.   lutut tabung shock depan                                      =  4,8 mm
3.   bagian spatbor yang melingkupi tabung shock         =  4,1 mm

Dengan berpedoman pada ukuran di atas, jika menggunakan veleg rim 14 maka lebar ban maksimum menyentuh tabungshock adalah 108 mm. Tapi kalau pakai veleg dengan rim 16, apalagi rim 17 akan berkurang hingga lebar ban maksimum menyentuh bagian spatbor yang melingkupi tabung shockadalah 96 mm.


Sedangkan gerak bebas pinggiran ban belakang dibatasi oleh pinggiran filter udara, ulir shock belakang dan kenalpot. Jarak ke filter udara mutlak harus diperhitungkan, jarak ke ulir shock belakang hanya diperhitung jika menggunakan shock dengan ulir yang besar sehingga jarak antara pinggiran ban ke ulir lebih pendek dibanding dengan jarak antara pinggiran ban ke pinggiran filter udara. Baik dengan shock belakang Mio J, maupun dengan shock belakang X-Ride, ulirnya tidak demikian. Kemudian jarak antara pinggiran ban dengan kenalpot tidak usah dipikirkan, kecuali kalau menggunakan ban yang aneh.Setelah diukur(mungkin ada kesalahan parallax), jarak antara garis tengah roda belakang dengan filter udara adalah 5,4mm. Dengan demikian, dengan menggunakan veleg rim berpapun, lebar ban maksimum menyentuh pinggiran box filter udara adalah 108 mm. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo, mana komentar anda?