Sabtu, 28 Juni 2014

MIO J : MEMASANG SMART LOCK SYSTEM (SLS) MIO GT PADA MIO J

Mio J terlahir tanpa SLS (Smart Lock System). Hal ini berbeda dengan Mio GT yang menyusulnya satu tahun kemudian. SLS adalah sebuah sistem mekanis sederhana yang dipasang pada handle rem untuk mengunci rem agar tetap menggigit ala Yamaha. ini diperlukan untuk keamanan motor agar tidak ngagorolong saat motor berhenti atau diparkir di jalan yang menanjak. Honda lebih dulu menyertakan sistem ini pada motornya dan menamakannya PBL (Parking Brake Lock). Sistem mekanisnya sedikit berbeda dengan SLS.

Untuk memasang SLS pada Mio J kita perlu mengganti beberapa parts handle kiri Mio J dengan parts handle SLS punya Mio GT. Perbedaannya bisa dilihat dari gambar berikut :

Handle switch and lever Mio J

Handle switch and lever Mio GT


Yang dilingkari merah adalah parts handle Mio GT yang yang harus dibeli untuk menggantikan parts handle Mio J. Nama, nomor part, dan harganya per 23 Pebruari 2014 di web YGP (Yamaha Genuine Parts) adalah sebagai berikut  :


Parts handle kiri Mio GT yang diperlukan mungkin harus dipesan terlebih dahulu, karena tidak semua beres Yamaha menyediakan stock.

Saya pesan semua parts yang diperlukan di beres Yamaha B, yang berbeda dengan beres saat pesan SWITCH, HANDLE 2. Di beres ini pemesanan parts sangat mengecewakan. Ceritanya tanggal 25 April 2013 saya pesan satu set handle kiri Mio GT di beres tersebut. Kata bagian parts harganya total Rp. 136.000 meliputi 9 parts. Saya kasih DP Rp. 100.000. Setelah sebulan tidak ada telepon / SMS, padahal petugas telah mencatat nomor telepon saya dan berjanji akan memeberitahu saya, saya mendatangi beres tersebut untuk menanyakan pesanan saya. Ternyata belum ada. Setelah 5 bulan karena belum juga ada kabar, saya beberapa kali ke sana lagi dan jawabannya tetap pesanan belum ada. Selain itu setiap ke sana petugasnya tidak ada atau diganti dengan petugas yang lain yang pengetahuan partsnya sangat minim, bahkan tidak tahu tentang pesanan saya. Hadeuh.

Setelah 8 bulan sejak pesan (25 April 2013), bulan Desember 2013 baru barangnya ada. Itu pun diketahui karena saya datang ke sana. Saya datang pagi kemudian saya tinggalkan dahulu karena barangnya masih dicari satu per satu dan itu pun dibantu mekanik untuk menentukan parts mana saja yang perlu dibeli. Memang pada kuitansi pesanan yang saya miliki hanya tertulis uang DP yang sudah saya bayar dan sisanya yang belum, tanpa rincian parts yang dipesan. Padahal saya melihat ia mencatat parts pesanan saya pada saat pertama kali saya datang. Seharusnya ada pada mereka, kan itu yang digunakan untuk menentukan jumlah total yang harus saya bayar seperti tertulis pada kuitansi tersebut. Justru catatan tersebut tidak ada pada mereka. Parah bro. Siangnya ke sana lagi barangnya masih belum kumpul semua.  Setelah ditunggu baru terkumpul. Katanya ada 8 parts yang harus dibayar, total harga Rp.84.500. Jadi saya dapat kembalian Rp. 15.500. Padahal harusnya 9 parts. Entah memang belum ada, entah tidak tahu. Tapi saya tidak mau lama-lama berurusan di situ. Selain secara finansial tidak dirugikan, saya juga menjadi kehilangan niat untuk terus memasangnya di beres tersebut, padahal mungkin saja yang mengecewakan hanya bagian parts sedangkan mekaniknya tidak begitu.

Setelah terus browsing dan tanya-tanya kepada orang lain khususnya kepada mekanik beres Yamaha A, baru tanggal 23 Pebruari 2014 saya minta mekanik beres tersebut mengganti handle rem kiri Mio J dengan parts handle rem kiri Mio GT yang sudah dipesan 8 bulan yang lalu dari beres Yamaha B.


Untuk pemasangan parts mekanis tidak ada kesulitan. Namun pada parts kelistrikan, ada masalah karena soket FRONT STOP SWTCH ASSY (switch handle rem kiri yang digunakan saat menstarter dan soket dari kabel body) pada handle Mio J tidak sama dengan yang ada  pada handle Mio GT. Perlu diganti dan diperlukan penyesuaian bongkar pasang kabel. Hadeuh, justru part inilah (part ke-9) yang tidak ada saat menerima pesanan di beres Yamaha B. Oleh beres Yamaha A, parts mekanisnya tetap dipasang, tanpa part kelistrikan FRONT STOP SWTCH ASSY, karena di beres Yamaha A tidak memiliki stock part tersebut. Bayar ongkos pasang Rp. 10.000. Hari itu saya mencarinya ke beres Yamaha lain, namun tidak berhasil. Untuk sementara motor dibiarkan dulu begitu dengan resiko tidak bisa starter dengan menarik handle rem kiri, atau hanya bisa starter dengan menarik handle rem kanan.


Besoknya, tanggal 24 Pebruari 2014 saya datangi lagi beres Yamaha A dan memesan FRONT STOP SWITCH ASSY Mio GT di sana. Barangnya datang 5 hari kemudian dengan pemberitahuan melalui SMS. Langsung saya datangi dan minta dipasang. Ongkos pasang FRONT STOP SWITCH ASSY Mio GT tersebut Rp. 10.000. Hasilnya sempurna. Saya bisa memarkir motor Mio J di jalan menurun tanpa takut ngagorolong.



Handle rem kiri Mio GT ber-SLS yang telah dipasang pada Mio J




1 komentar:

  1. artikelnya bermanfaat gan, kebetulan ane juga kesusahan cari switch rem nya @_@
    www.akbare.net

    BalasHapus

Ayo, mana komentar anda?