LEMBAR CATATAN FAKTA
HASIL PENGAMATAN DAN PEMANTAUAN PROSES PEMBELAJARAN
(Mohon diisi dengan tulisan tangan dengan jelas)
Lembar ke-1
Nama Guru yang dinilai
|
:
|
PegID/NUPTK
|
:
|
Penilai
|
:
|
Tanggal pemantauan
|
: 17 Nopember 2014
|
Kelas/Mata pelajaran
|
:
|
Catatan fakta sebelum pengamatan:
(Catatan semua hasil diskusi/wawancara sebelum dilakukan
pengamatan di dalam kelas)
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa:
|
- Kalender Pendidikan
- Prota
- Prosem
- Silabus
|
- RPP
- KKM
- Program Remedial
|
1. Kalender pendidikan
sekolah belum memuat kegiatan prakerin dengan rinci.
2. Program Tahunan (analisis waktu) sudah lengkap.
3. Program Semesteran sudah lengkap.
4. Silabus sudah lengkap.
5. RPP sudah lengkap, kecuali di bagian Evaluasi kurang
lengkap spesifikasi tes dan
pedoman penilaiannya.
6. KKM sudah cukup.
7. Program Remedial kurang lengkap.
8. Wawancara dengan guru berjalan kolegial, walaupun suasana
belum begitu mencair,
namun pada prinsipnya guru siap melaksanakan class
observation dengan instrumen
PKG.
|
||
Tindak lanjut yang diperlukan :
1. Perlu memuat kegiatan prakerin yang rinci dalam kalender
pendidikan sekolah.
2. Perlu melengkapi spesifikasi tes dalam bagian Evaluasi
pada RPP, antara lain jenis tes, instrument tes / instrument observasi, dan
pedoman penilaiannya.
3. Perlu melengkapi
Program Remedial, dengan menambahkan antara lain : analisis hasil
tes
setelah melaksanakan KBM suatu RPP, daftar siswa yang tidak melewati KKM
dan
materi yang kurang diserapnya untuk mengikuti remedial teaching, RPP Remedial 4. 4. Teaching, analisis hasil tes setelah melaksanakan KBM dari RPP Remedial
Teaching.
|
Lembar ke-2
Nama Guru yang dinilai
|
:
|
PegID/NUPTK
|
:
|
Penilai
|
:
|
Tanggal pemantauan
|
: 17 Nopember 2014
|
Kelas/Mata pelajaran
|
:
|
Catatan fakta saat pengamatan:
(Catatan semua hasil pengamatan di dalam kelas)
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa:
|
- RPP, Jadwal Pelajaran
- Agenda Mengajar, Buku Absensi Siswa, Buku Daftar Nilai
Siswa, Buku Anecdotal Record
- Media pembelajaran (buku teks, aplikasi pembelajaran, alat
peraga, dll.)
|
1. RPP dibawa masuk kelas.
2. Agenda mengajar didisi sesuai jadwal pelajaran.
3. Pengabsenan dilakukan dengan baik.
4. Pembukaan KBM diawali doa.
5. Apersepsi dan pemberian motivasi belajar kepada siswa
dilakukan dengan baik.
6. Penguraian tujuan pembelajaran, penguraian / presentasi materi
pembelajaran, dan
metoda pembelajaran, terlaksana dengan relatif baik.
7. Penggunaan media pembelajaran (buku teks, alat peraga, dan
presentasi) relevan dan berjalan dengan semestinya.
8. Siswa cukup terlibat dan kebanyakan merasa senang selama
KBM.
9. Resume, reinforcement, dan refleksi dilaksanakan dengan
baik.
10. Pelaksanaan tes dan pembahasannya cukup baik.
11. Penupaan KBM dilakukan dengan pemberian tugas, informasi
materi mendatang dan
doa.
12. Tidak dilakukan wawancara dengan guru, penilai hanya
mengamati jalannya KBM.
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
1. Perlu mengurangi dominasi metoda ceramah/presentasi atau
perlu divariasikan dengan
metoda pembelajaran lainnya yang lebih mengaktifkan
siswa.
2. Ada baiknya sebelum tes hasil belajar, siswa diberi waktu 3
-5 menit untuk me-refresh materi yang telah dipelajarinya.
|
Lembar ke-3
Nama Guru yang dinilai
|
:
|
PegID/NUPTK
|
:
|
Penilai
|
:
|
Tanggal pemantauan
|
: 17 Nopember 2014
|
Kelas/Mata pelajaran
|
:
|
Catatan fakta setelah pengamatan:
(Catatan semua hasil diskusi/wawancara setelah dilakukan
pengamatan di dalam kelas)
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa:
|
- Instrumen tes (soal, lembar observasi, rubrik, worksheet,
LKS, dll.)
- Hasil pekerjaan siswa (karya, lembar jawaban, LKS, worksheet
yang sudah diisi, laporan praktikum, dll.)
- Lembar observasi, rubrik yang sudah diisi.
- Buku Daftar Nilai Siswa
|
1. Instrumen tes sudah relevan dengan indicator dan pada
umumnya secara bahasa dapat dicerna siswa.
2. Hasil pekerjaan siswa lengkap dan rapi.
3. Lembar observasi dan rubrik diisi dengan baik.
4. Buku Daftar Nilai Siswa belum sempat diisi.
5. Wawancara dengan guru berjalan kolegial, terbuka dan guru
menerima saran peilai untuk KBM-KBM
selanjutnya.
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan :
1. Perlu mengisi Buku Daftar Nilai Siswa segera setelah tes.
Bisa dilakukan di sekolah saat waktu kosog atau di rumah. Karena, selain agar
tidak lupa dan tertumpuk dengan pekerjaan lain, data nilai
tersebut merupakan
data penting yang bisa dipertanggungjawabkan guru jika ada kesalahpahaman
di
kemudian hari.
2. Perlu disadari oleh guru bahwa class observation ini
penting untuk mendorong kemajuan profesi
dirinya, tidak hanya karena sedang
PKG saja, tapi lebih sering lebih baik.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Ayo, mana komentar anda?